Friday 5 October 2012

The Naked Traveler 4 Talkshow in Jogja with Trinity

"Paranoia is not requited, but the Common Sense is!" - Trinity

Yes! Ceritanya ini baru jam 9,baru aja sampe asrama dari acara talkshownya mbak Trinity di Djendelo cafe, Togamas Affandi. Acaranya baruuu aja kelar setengah jam yang lalu, sampe kamar cus buka laptop.

Mungkin postingan ini akan berakhir panjang karena saya mau cerita dulu. Sebelumnya, saya merupakan anak rantau yang tinggal di asrama dan masih duduk di bangku kelas 3 SMA. Sebagai mana yang kalian ketahui bahwa asrama itu sangat terikat dengan peraturan-peraturan dari suster (yang memang berperan sebagai pengelola sekaligus pembimbing).

Jadi ceritanya, tadi siang jam 2 abis pulang sekolah saya bersama teman saya, Verren, langsung menghadap suster beserta buku ijin kita karena kita mau dateng ke acara talkshownya mbak Trinity. Suster pun berkata bahwa kita diijinkan TAPI harus ikut misa mingguan asrama yang selalu diadakan tiap hari jumat dan buku ijin kita ditahan suster. Misa mulai jam 6 sore, sedangkan talkshow jam 6.30. Sedangkan, kita pun masih harus dateng ke suatu acara sebelum talkshow itu dimulai. Akhirnya, berbekal nekat kita kabur siang itu juga dari asrama...

Ceritanya bersambung sampai situ dulu, sebenarnya masih panjang tapi yang penting sekarang saya mau ngebahas tentang talkshow The Naked Traveler 4 bersama mbak Trinity yang jelas-jelas adalah pengarangnya. Saya memang hardcore fannya mbak Trinity dari buku pertamanya dan sangat tergila-gila dengan tulisan-tulisannya. 


Jogja merupakan kota terakhir yang beruntung karena AKHIRNYA mbak Trinity bisa menggelar talkshow TNT4-nya di sini. Setelah itu, siap-siap tunggu Trinity balik dari keliling dunia dalam setahun, yang akan dimulai tepat tanggal 10 Oktober ini. Seneng banget bisa dateng untuk kedua kalinya sejak TNT3 dan Trinity tampil dengan rambutnya yang super cepak. Katanya biar gak repot potong rambut setahun! hahaha.



Acara tepatnya dimulai pada pukul jam 7 malam kurang dan disitu langsung dibahas mengenai TNT4. Perbedaan antara TNT lainnya dengan TNT4 ini adalah lebih banyak pengetahuan tentang daerah-daerah yang dikunjungi Trinity, berasa jalan-jalan sambil dikasih ilmu geografi sama kebudayaan sekitarnya. Lalu ada juga ulasan lengkap tentang perjalanannya menjelajahi Afrika bagian selatan dan Raja Ampat! Namun, artikel favorit saya adalah "Follow Your Passion" dan "Anak Kuliah Juga Bisa Jalan-Jalan!" Sukses menggugah gairah saya yang masih berstatus sebagai anak muda. Tak lupa Trinity bilang di talkshownya bahwa waktu liburan yang paling enak adalah waktu kuliah! Karena waktu kuliah lah dimana kalian bisa mendapat tenaga, waktu libur yang panjang, dan dianggap cukup dewasa untuk bertanggung jawab. Hanya saja butuh kecermatan dalam menabung biar bisa jalan-jalan. Coba kalau masih sekolah, liburan emang banyak tapi duit belum ada dan masih terikat dengan sekolah juga orang tua. Kalau pas kerja, duit memang ada tapi gak ada waktu sama sekali. Begitu kata Trinity.

Awal-awal talkshow, dia membahas tentang NEGARA-NEGARA MANA SAJA YANG BAKAL DIKUNJUNGI SELAMA KELILING DUNIA. Trus Trinity bilang gini, "Tapi jangan sirik ya..." dan negara pertama adalah Rusia! Teman saya, Verren, yang tergila-gila dengan Rusia sukses jerit. Lalu Finlandia, Swedia, Lativia, Georgia, Hungaria, pokoknya bagian eropa timur dan berakhir di Jerman. Dari Jerman, Trinity bakal terbang lansung ke Brazil, lalu Chile, Equador, Columbia, Meksiko, Panama, dan Honduras. Selanjutnya? "Belum tahu..." kata Trinity. 

Trinity juga mengaku bahwa dirinya sangat messy dalam mengatur perjalanan kalau sampai harus sedetail mungkin. Trinity sendiri juga lebih memilih untuk menikmati jalan-jalannya ketimbang harus memikirkan ini itu dan lain-lainnya. Dia berkata bahwa rencana keliling dunia ini sudah direncanakan 5 tahun sebelumnya oleh sahabat jalan-jalan tercintanya yang bernama Yasmin. Yasmin sendiri pun diceritakan bahwa Ia nekat menjual rumahnya demi keliling dunia bersama Trinity. WOW!
Acara selanjutnya yaitu diisi dengan berbagai macam pertanyaan dari audience termasuk saya tentunya! :) Kalau saya masih ingat, kira-kira pertanyaannya seputar gimana rasanya menjadi solo traveler, masalah jalan-jalan buat perempuan, masalah ijin ortu untuk jalan-jalan, masalah tersulit yang pernah ditemui Trinity, masalah visa, masalah kalo sakit di negeri orang DAN LAIN-LAINNYAAAA. Ada juga yang nanya kenapa ambil nama samaran Trinity, ada juga yang menanyakan umurnya Trinity dari talkshownya Trinity yang sebelumnya di Jogja namun tetap tidak dijawab. Katanya, "Perempuan itu paling sensitif kalau ditanya soal umur dan berat badan, setujuuu?" dan para penonton yang berjenis hawa serentak mengiyakan. HAHAHA.

 Mbak Trinity yang sangat sabar di situ (kalau di twitter galak katanya) lalu menjawab satu-satu pertanyaan para audience. Waktu Ia menjawab soal gimana rasanya menjadi solo traveler, Ia memberikan 4 pertanyaan untuk mengukur apakah kita siap menjadi solo traveler atau tidak. Pertanyaan tersebut antara lain:
  1. Apakah Anda enjoy makan di restoran sendiri?
  2. Apakah Anda enjoy nonton di bioskop sendiri?
  3. Apakah Anda enjoy pergi ke kawinan sendiri?
  4. Apakah Anda enjoy pergi ke bar sendiri?
dan bila keempat pertanyaan itu Anda jawab "iya" semua maka Anda dianggap cukup siap menjadi solo traveler. Karena menjadi solo traveler banyak untungnya dan sedikit (relatif ya) ruginya. Selain bisa bebas dan tidak terikat, namun solo traveler sering kali harus melakukan monolog pada dirinya sendiri. "Nanya sendiri, dijawab sendiri" gitu kata Trinity.

Selanjutnya Ia berkata bahwa traveler perempuan atau laki-laki sebenarnya sama saja permasalahannya. Bahkan perempuan mempunyai keuntungan tersendiri kalau lagi traveling karena perempuan paling gampang untuk memelas dan merancang jebakan betmen. LOL

Trinity juga memberikan saran bagaimana trik-triknya agar ortu kita memperbolehkan kita jalan-jalan. Antara lain:
- Pake duit sendiri.
- Berkelakuan baik selama sebelum berangkat
- Jujur sama ortu tapi jangan jujur-jujur banget. 
Hahaha benar sekali! Lalu bagaimana cara ampuh Trinity kalau lagi sakit di negeri orang. Yaitu minum obat macamnya panadol dan minum vitamin dosis tinggi lalu tidur seharian. Kalau belum berhasil yaa tinggal ke apotik tunjuk-tunjuk yang sakit terus dapet deh obatnya. Cara yang sangat simpel dan masuk akal.

Abis itu karena saya penasaran mengenai perjalanannya keliling dunia dengan paspor RI, bertanyalah saya bagaimana nanti kalau mbak Trinity tidak dapat visa di tengah-tengah perjalanan. Dan pertanyaan saya sukses dijawab dengan enteng, "Ya, nanti kita coba apply dari sana, tapi kalau gak bisa yaudah balik lagi" Yahhh, lupa saya kalau itu yang ngomong Trinity. Trinity memang saat ini sedang memegang 4 visa, yaitu visa Rusia, visa Eropa yang bisa keliling negara-negara di Eropa, visa Amerika selatan untuk negara-negara Amerika selatan, dan satunya lupa. Dia juga berkata kalau sejauh ini rencananya dengan Yasmin hanya sampai Amerika selatan dulu, tapi nanti kalau duitnya habis ditengah jalan yaa udah mungkin gak sampai setahun keliling dunianya. "Makanya beli Naked Traveler 4 dong biar bisa terus jalan-jalan" ujarnya.

Di tengah-tengah sesi pertanyaan Trinity juga berkata bahwa negara yang paling menantang untung backpacking-an adalah INDONESIA! Karena disamping kekayaan alamnya luar biasa, Indonesia adalah negara yang penuh dengan ketidak pastian. Tahu sendiri kan Indonesia, waktu aja gak nentu apalagi jalur kesini dan kesitu. Memang, Trinity sendiri saja berkata bahwa masalah utama tentang pariwisata Indonesia adalah soal Informasinya. Betul bukan? Makanya kita bisa kalah sama negara-negara lain karena mereka memang well-organized. 

Oya, nama Trinity sendiri didapat sewaktu Ia masih menjadi mbak-mbak kantoran. Ia sendiri mengaku bahwa Ia dulu menulis blog naked-travelernya pakai komputer kantor dan Ia membutuhkan nama samaran biar gak ketahuan bosnya. (Kalau gak salah gitu). Katanya nama Trinity itu diambil dari tokoh the Matrix yang namanya Trinity karena dia ngefan sama tokoh tersebut. #Ealahh.

Well, segitulah ingatan saya yang tercatat dalam hape saya. Acara selanjutnya adalah quiz berhadiah buku-buku dari Bentang Pustaka dan kaos TNT4! Saya udah sengaja untuk gak ikutan kuis yang berhadiah buku karena saya udah ngincar kaosnya dari TNT3! Tapi tetep aja waktu rebutan jawab gak dapet, mana stoknya cuma satu :( dan eh! yang dapet mas-mas depan saya. Envy abisssssss. Namun, lagi-lagi saya bertekad dalam hati untuk mencoba mendapatkan kaos nyentreng itu bila TNT5 terbit. Semoga.
Yak, setelah buku baru saya mendapatkan tanda tangan dari Trinity, lengkap sudah ke-4 seri The Naked Traveler saya yang semuanya sudah terbubuhkan tandan tangan penulis favorit saya sepanjang masa saya. <3 Foto-foto dan lain-lainya berjalan lancar berkat bantuan teman saya yang merangkap sebagai fotografer handal, Triji, Makasih banyak Triji :)

It's me and Trinity

Verren and Trinity
                                        
Akhirnya pulanglah saya ke asrama bersiap dengan segala kemungkinan buruk yang ada. Sampai di asrama legalah saya karena tidak ada suster yang menyambut kepulangan saya dan teman saya. Cuma masalahnya sekarang buku ijinnya masih di suster dan waduh, masalah ini. Ah sudahlah, nikmati masa terakhir SMA mu.

Masih banyak cerita-cerita lainnya dari Trinity dan untuk lebih serunya silahkan beli (JANGAN MINJAM) The Naked Traveler 4 yang berwarna PINK ngejreng. Dan untuk informasi selengkapnya selama Ia keliling dunia, silahkan pantau twitternya @TrinityTraveler dan websitenya http://naked-traveler.com/. Akhir kata, terima kasih untuk membaca tulisan saya yang amburadul ini dan lebih-lebih bila mbak Trinity ikutan baca. Maaf kalau ada kesalahan kata, selamat malam, dan selamat jalan mbak Trinity! Sukses selalu <33 :)

TNT 1,2,3,4 :)
"We have to make a life not just live a life" - Trinity

Au Revoir








1 comment:

  1. Betul kata Trinity, well written. Enak dibacanya. Lanjutkan menulis dan semoga tercapai bisa keliling dunia kayak Trinity :)

    ReplyDelete