Saturday 6 July 2013

Super Summer Camp

Hahaha. Gaya banget judulnya '"Summer Camp". :P Tidak, ini bukan summer camp kaya di luar negeri gitu. But yes, I just came back from a camp which is super fun!  Best holiday so far :)

One day, ibu ku menawari aku untuk ikutan camp ini dan sebelumnya aku pun belum pernah mendengar tentang camp ini sama sekali.
Nama campnya adalah
"7 Habits of Highly Effective Teens Supercamp 2013"

Sebuah program yang diselenggarakan oleh Dunamis Foundation yang berkerja sama dengan FranklinCovey Education. Dan berakhirlah saya di camp tersebut selama hampir seminggu, dari tanggal 1-6 Juli 2013, bersama teman-teman baru :)
Well, pasti sebagian besar kalian banyak yang belum pernah mengenal camp ini. Kata temen gue, "Itu pasti semacam camp psikologi" Bahahahaha.
Ternyata benar, sebagian besar teman-teman baru saya juga mengaku kalau mereka dipaksa orang tuanya juga. Waktu itu saya langsung mengiyakan tawaran ibu tanpa pandangan apa-apa mengenai camp itu dan ekspresi yang datar.Aku kira gak ada yang salah buat dicoba. Lumayanlah daripada garing liburannya.

Oh iya! Sebelumnya gue habis tes SIMAK di Yogya terus pulang malem naik kereta, sampai di Jakarta jam 04.30, packing sebentar, dan langsung berangkat ke tempat pemberangkatan. Bah.

Oke, akhirnya sampailah saya sama si Lindi di Villa Bukit Pinus, somewhere in puncak gitu. Villanya bagus pake banget dan aku kira tempatnya bakal gak dingin-dingin banget, ternyata sampe turun kabut segala... *gemeteran sendiri*
Kesan pertama melihat wajah-wajah baru itu yaaa begitu. It felt like I was in a new world with strangers surroundings. Great! Entah apa kesan mereka pertama kali ngeliat aku mondar mandir pake backpack gede dan sendal gunung sedangkan yang lainnya bawa suitcase. Hehehe.

Dari awal atmosfirnya sudah menyenangkan dengan ice-breaking yang cukup seru. Pembagian kelompoknya juga sangat unik. Caranya adalah, lihat gambar binatang yang sudah tertempel di name tag masing-masing, karena aku mendapat kuda, maka aku harus berkeliling sambil bersuara kuda dengan mata tertutup untuk mencari suara kuda-kuda lainnya, which is mereka adalah teman-teman satu kelompokku. Hahaha
Bertemulah kita 7 orang asing yang akhirnya menjadi teman seperjuangan selama 6 hari kedepan. Mereka adalah Ella, Kathie, Anshor, Kiki, Ridzki dan saya tentunya. Plus kakak mentor yang gokil sejagat raya, Kak Budi. Nama grup kami adalah Equus Maximus, bahasa latin yang artinya Kuda. Thanks to Anshor buat idenya, It is the COOLEST group name that I ever had. 

Kami semua terbagi dalam 5 grup besar, yaitu Equus Maximus, Golden Pine, Kaktus, Vespa, dan Mek-Donal. Iya, nama yang sangat unik sampai aku pun gak ngerti mereka dapet inspirasi darimana. Bahahahaha *ngakak guling-guling*. Anyway, itu semua adalah kelompok-kelompok gokil dengan keunikan masing-masing. 

Dan dimulailah 6 hari yang seru, gokil, asyik, menyenangkan dan tentunya dengan nilai-nilai 7 Habits. *tsahh*
Sebelum cerita lebih detail, 7 habits itu adalah:
1. Be Proactive
2. Begin With the End in Mind
3. Put First Thing First
4. Think Win Win
5. Seek First to Understand then to be Understood
6. Synergize
7. Sharpen The Saw
Plus, ada senamnya. Ada 2 macam senam yang gue tau, yang pertama senam 7 Habits versi official dan senam 7 Habits versi kelompok gue yang lebih rusuh dan mirip cheerleader. Hahaha

Semua habit-habit itu kami pelajari, kami pahami, dan kami terapkan sampai dihadapkan pada sebuah community service project yang beda dari yang lainnya. Gak main-main boo, proyeknya adalah merenovasi sebuah SD yang memang sangat tidak layak di sebuah tempat di dekat villa. Selain survey, kami harus fokus untuk memilih bagian mana yang akan direnovasi, semua tergantung pilihan kelompok masing-masing. Setelah itu, kami harus menyusun anggaran keperluan secara rinci yang nantinya akan dipresentasikan kepada penadah dana dan kami benar-benar harus berjuang untuk mendapatkan dana tersebut. Dananya gak main-main karena mencapai jutaan dan masalahnya ini menyangkut hajat orang mamen....

Intinya, kami selalu diransang untuk menjadi kreatif, berani, dan berpikir out of the box di setiap kegiatannya, baik dalam sesi pembelajaran Habit 1 - 7 atau kegiatan outdoor. Aku baru sadar waktu di supercamp adaaaa aja bahan buat ketawa di setiap jamnya, apalagi waktu main role play. Seriously, I really enjoyed every seconds of supercamp with all my new friends. Aku gak bakal nyangka bakal bertemu dengan orang-orang keren macam mereka. Terutama dengan manusia-manusia Equus Maximus.

Perlu saya akui, liburan supercamp sukses membuat saya menjadi gembul berat. Secara makan tiap 2 sampai 3 jam sekali. Setiap hari selalu dimulai dengan breakfast - coffee break - lunch - coffee break - dinner - sampai snack menjelang tengah malam. Ampun.

Semua hari-hari yang berlalu di supercamp benar-benar membuat saya lupa dengan dunia luar. Hape sih memang diperbolehkan tapi saya diemin aja. Twitter sukses saya cuekin selama beberapa hari. Dan saya benar benar minta maaf kepada teman-teman sekalian terutama ibu saya yang beberapa kali selalu menanyakan "Gimana campnya???" tapi cuma gue bales dengan senyuman sambil ngeliatin layar Hape. Selain itu, sinyal bapuk sekali.

Gue senang teramat sangat karena kelompok saya menjadi yang terbaik karena dapat mewakili seluruh konsep 7 habits. Gue bersyukur dapat kenal dengan manusia-manusia macam mereka yang dengan keunikan dan kegokilannya cukup membuat gue ketawa puas setiap harinya. Juga kecerdasan mereka yang gue kagumi. Marilah saya overview satu per satu.

1. Ella - (Naik kelas 12)
Cewek super imut, lucu, bulat gimana gitu, baik, pintar, tegas, sering disangka anak SMP, sering dipanggil "dedek" sama Kiki, dan sifatnya paling dewasa dan bijak di antara semuanya. ahh #nyesek. Sedihnya, dia gak mau dipeluk sama gue waktu perpisahan. Yahh... :P

2. Vinda - (lulus SMA)
Cewek nyentrik dengan rambut ber-highlight pink, manis, baik, awalnya super diem tetapi sifat itu sirna sejak kita tau dia kalau acting jadi pembantu dan gadis desa menjiwai sekali. Kalau ngakak bisa sampai kelihatan kejang-kejang. Pecinta tiang. Makannya super dikit. Bisa bikin suara aneh kaya gue. Gak nyangka ternyata selera musiknya sebangsa lagu rap. whoaaa

3. Kathie - (lulus SMA)
Cewek chinese asal Cirebon. Kesan awal kayaknya judes mampus tapi ternyata sama freaknya. Baik. Agak cadel. Temen berantem gue. hehehe. Teriakan "mbak-nya" waktu manggil si Vinda itu sangat khas dan tidak akan terlupakan, macam tikus abis suara gitu lah. Gokil bet.

4. Anshor - (lulus SMA)
Saya akui cowok ini jenius abis. Photogenic dan baby face banget. Baik. Ramah. Orangnya gemesan. Pekerja keras. Jago main piano. Cukup berbakat untuk acting. Hahahahaha. lucu. He is a good leader. Dan satu hal yang tak terlupakan, dia fobia balon. Gue cuma geleng-geleng aja waktu ngeliat mukanya pucat kalau ada balon mendekat dan gue selalu ketawa geli waktu dia ketakutan gara-gara ada yang meledak. Ya ampun jahat banget gue. Maap yah Anshor... :P

5. Ridzki - (Naik kelas 11)
Cowok ini adalah anggota paling muda di antara semuanya, tapi gak bakal kelihatan deh. Yang ada malah si Ella yang kita anggep sebagai dedek. Hehehe. Tampang, yaa bolehlah ganteng kok. Baik. Gokil. Anaknya sering bengong gitu. Jago banget dalam hal speaking. Dan sangat berbakat dalam hal menjadi lekong plus suaranya kalau udah kaya tikus kejepit pintu. Bahahahaha. Sukses bikin gue ketawa guling-guling.

6. Kiki - (lulus SMA) 
Ini adalah cowok yang sangat narsisme maximus. Hahahaha. Orang nya rame banget, gokil, proaktif, gak pernah kehabisan ide di dalam kondisi apapun. Hobinya ngegodain Ella dan Vinda. Badan super tinggi, berisi, dan berotot, tampang cakep, tapi bisa jadi lekong lebih lekong dari siapapun itu, genit pula. Hahahahahaha. Sudah pasti gue selalu ketawa puas sampe berurai air mata tiap ngeliat tingkahnya. 

7. Ka Budi - (Mentor)
Mentor gokil sejagad raya dan siap membantu kita apapun situasinya. Enak diajak ngobrol, diskusi, ketawa bareng juga. Tips-tipsnya sangat membantu waktu kita mau presentasi. Suaranya bagus men... So lucky for having him in our group.

Yap, itulah overview kelompok gue. Semuanya enak diajak ngobrol, diskusi, dan ketawa gila. Semuanya unik dengan karismanya masing-masing dan mereka juga low profile. They're awesome.

Hahaha. My story is not finished yet. Masih belum puas cerita mengenai 7 Habits dan kegiatan-kegiatan kita and I miss everyone in supercamp very much.
 Begitulah sekian dulu. :D


No comments:

Post a Comment